Sunday, 26 February 2017

Mengapa Raja Salman Bawa Tangga Pesawat Hingga Mobil Pribadi? Jawabannya Ada di Hadits Ini

Raja Salman disambut Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak

Raja Salman bakal bertandang ke Indonesia pada 1 Maret yang akan datang. Diberitakan, Raja Salman bakal membawa banyak fasilitasnya sendiri seperti kunjungan hari ini di Malaysia. Dari mulai pesawat, tangga pesawat sampai mobil pribadi.

Kenapa sekian?

Irfan Noviandana memberi analisanya berbasiskan prinsip Raja Salman dalam mengamalkan ajaran Islam. Seperti di ketahui, diantara maksud kunjungan Raja Salman yaitu menanamkan investasi atau memberi utang/hutang.

Dalam Islam, tak bisa ada riba. Termasuk juga sarana kendaraan gratis dari orang yang berhutang.

Di bawah ini tulisannya seperti mengedar di Facebook serta WhatsApp Grup :

Saya jadi teringat hadits larangan mengambil faedah lebih atau sarana dari seorang yang kita berikanlah hutang, meskipun sebatas menumpang pada kendaraannya.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, kalau Rasulullah SAW bersabda :

إذا أقرض أحدكم قرضا فأهدى له أو حمله على الدابة فلا يركبها ولا يقبله

“Apabila kalian menghutangkan suatu hal pada orang lain, lalu (orang yang berhutang) berikan hadiah pada yang menghutangi atau berikan service berbentuk naik kendaraannya (dengan gratis), jangan sampai menaikinya serta janganlah menerimanya. ” (HR. Ibnu Majah 2526)

Aturan muamalahnya begini :

" Tiap-tiap utang yang membuahkan faedah yaitu riba. "

Apa lantaran status Raja Salman pemberi hutang serta Pemerintah Indonesia yang mengutang jadi rombongan kerajaan tak memakai beragam sarana dari Pemerintah RI.

Seperti di sampaikan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, kehadiran Raja Salman ini salah satunya untuk menolong Indonesia dengan investasi dalam pembangunan infrastruktur yang akan meraih US$ 25 Miliar atau setara Rp 332, 5 Triliun.


EmoticonEmoticon